Cagar Budaya Situs Nagara Padang

Kab. Bandung – Wartajurnal.net | Gunung Nagara Padang berada di
perbatasan Kab.Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju ke lokasi, bisa ditempuh melalui Muka Payung, Sindangkerta atau dari Alun-Alun Ciwidey ke arah Desa Rawabogo. Kedua jalur cukup jauh untuk ditempuh dan kedua-duanya lebih nyaman dilaju dengan kendaraan roda dua. Jalannya yang berliku-liku dengan banyak tanjakan dan turunan akan membuat waktu tempuh, menjadi lebih lama bila menggunakan kendaraan roda empat.

Mendengar namanya, jangan identikan gunung ini dengan Gunung Padang di Cianjur. Meski diduga sama-sama peninggalan Era Megalitikum, namun karakteristik batuannya berbeda. Jika di Gunung Padang Cianjur, batunya tertata rapi, kerna konon menjadi tempat ritual kepercayaan pada masa itu, di Gunung Nagara Padang batuan berserak sporadis dengan ukuran yang sangat besar, dengan bentuk yang unik dan viewnya dengan angle tertentu bisa bikin foto jadi lebih menarik.Namun ahir ahir ini lagi di heboh kan oleh berita miring.yang membuat semua orang tertuju perhatiannya ke wilayah situs Nagara Padang.karna telah terjadi pencemaran lingkungan situs.

Dan pada hari rabu .tgl 26.oktober.2022
Ketika kami kompimasi kepada pihak ketua paguyuban  Cecep. Ketika dimintai tentang tanggapan yang terjadi di Situs Nagara Padang Cecep, Membetulkan ada kejadian seperti itu, namun sangat di sayangkan katanya karena tidak ada kompirmasi dulu minimal ngobrol dulu, bukan apa apa
katanya ini menyangkut nama baik daerah dan Situs itu sendiri. Ujar Cecep

Situs tersebut merupakan Cagar budaya
Memang yang harus kita jaga dari hal apapun. Dan kami insa alloh akan ikut ber tanggung jawab .katanya.terus tetang tiket atau karcis betul pa. perum perhutani yang mengeluarkan itu sebesar sepuluh ribu rupiah itu ter masuk buat ke amanan dan kebersihan juga buat sering dengan Perum ada juga buat Desa dan Cecep pun mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak kapolsek Sektor Ciwidey dan kepada Komonitas pencinta alam. Yang telah membantu dalam masalah ini.

Ini buat pelajaran kita semua, supaya lebih hati hati lagi dan komitmen mejagaga Wilayah Situs Nagara Padang. Dan harapan kedapan semoga lebih berkembang dan dapat lebih di per hatikan lagi oleh semua pihak.ter utama oleh pemerintah.**JTS ( Eman )