Pekerjaan .Drinase Batureok Desa Pasirjambu Diduga Tidak Sesuai Besstek Dan Papan Proyek Tidak Dipasang

Kab. Bandung | Pekerjaan proyek pembangunan saluran drainase di Desa Pasir Jambu Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat mulai disoroti oleh warga setempat.

Pasalnya, pekerjaan proyek yang sudah berjalan hampir kurang lebih 2 minggu tersebut tanpa ada papan nama proyek yang di pasang di lokasi pekerjaan proyek.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar dan sekaligus menjadi sorotan dari warga setempat, bahwa proyek yang di bangun Pemerintah melalui pihak ketiga/ pemborong yang diduga proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat pekerjaan di laksanakan dan betul ketika awak media melakukan penelusuran .ke lokasi. Pada hari.Senin.23/11/2022.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama,proyek itu indikasinya sebagai trik untuk membodohi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas salah satu warga kepada awak media dan di duga proyek tersebut tak sesuai bestek.

Presiden RI JOKO WIDODO menyampaikan Kepada seluruh masyarakat bertanggung jawab untuk mengawal anggaran yang di keluarkan oleh pemerintah karna Semua itu Uang dari rakyat.

Sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan

Saat Awak media mewawancarai para pekerja di lokasi pengerjaan proyek drainase di kampung Batureok Desa Pasir Jambu dikatakan bahwa pengerjaan drainase ini, sudah berjalan kurang lebih 2 minggu, dan untuk Papan plang informasi dari awal pelaksanaan memang tidak di pasang oleh pihak pemborong. “ungkapnya’.

Tetapi kami lihat hingga berita ini diterbitkan belum juga ada papan nama proyek terpasang, padahal pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.
.
( Eman Taryana SM )