ANTARA WISATA RENGANIS DAN SITUS KAWAH CI BUNI RANCABALI KABUPATEN BANDUNG

Kab. Bandung | Kawah yang satu ini beda dengan kawah yang lainnya Kawah Cibuni memiliki lokasi yang tidak terlalu luas, namun sangat estetik karena banyaknya bebatuan yang ada Kawah Cibuni masih dikelilingi dengan hijaunya pepohonan tidak heran kalau Kawah Cibuni ini makin melejit karena keindahan alamnya di tambah sekarang adanya wisata Rengganis itu dua nama yang berbeda kawah ci buni itu merupakan situs yang bersejarah kalau Rengganis itu Wisata yang di kelola oleh Perusahaan.

Kawah Cibuni juga terkenal dengan kawah air panas. Kalau kalian kesini, sesekali pasti kalian melihat uap yang muncul dari permukaan kawah yang tentunya menandakan kalau air di Kawah Cibuni Rengganis ini memiliki suhu yang hangat hingga panas. Karena itu juga banyak yang menyebutkan kalau Kawah Cibuni ini punya sumber air panas alami, yang tak jarang digunakan untuk berendam dan pengobatan. Perpaduan bau belerang yang tak terlalu menyengat dan warnanya tak terlalu pekat menjadikan banyak orang ingin berendam di Kawah Cibuni , Konon katanya, banyak yang percaya bahwa air panas yang bercampur dengan belerang bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Hal itu juga menjadikan pendukung banyak orang berkunjung ke Kawah Cibuni ini tidak hanya wisatawan lokal, luar kota bahkan mancanegara juga berbondong datang mengunjungi wisata Rengganis /kawah cibuni yang satu ini. mereka semua ingin membuktikan mitos yang tersebar di Kawah Cibuni. Ternyata, tidak jarang merasakan manfaatnya karena Banyak pengunjung yang sudah membuktikannya bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti salah satunya penyakit kulit dll.

media warta Jurnal dan Pasundan News mendatangi salah satu tokoh juru
Kunci Kawah Cibuni Abah Aep. Di rumahnya di kawah Cibuni pada hari Rabu 26/4/2023.sekitar jam 2:30 sore
Ketika itu banyak tamu yang berziarah Dan ketika tim bertanya beberapa hal tentang situs kawah Cibuni dan Adanya wisata Rengganis. Ketikan di tanya tentang bagai mana dengan adanya wisata Rengganis
katanya “saya bersyukur dan sangat berterimakasih karena sudah mempasilitasi para warga masyarakat setempat untuk membuka usaha salah satunya wisata Rengganis menyediakan warung” untuk berdagang, seperti menjual oleh” khas Jawa Barat, salah satunya stroberi,kopi khas ciwidey yang beraneka rasa pas untuk di nikmati di cuaca dingin dan sejuk, dan beraneka jajanan.dll

Wisata Rengganis telah menyediakan wahana salah satunya jembatan gantung yang terbentang panjang dan terkenal seAsia dan keranjang sultan. Dan masih ada yang lainnya.
sehingga kami merasa terbantu Selain itu tentang pemeliharaan itu kami para juru kunci ikut bertanggung jawab bahkan yang rutin kami kerjakan dengan seluruh warga dan para juru kunci itu di bulan sapar untuk mengadakan bersih bersih itu wajib dan di tambah lagi katanya ada yang kusus dari pegawai yang di namakan JUPEL
Juru pelihara. Tapi abah juga tidak tahu masih ada atau tidak yang namanya JUPEL Yang penting buat Abah dan juru kunci yang ada di kawah situs kawah cibuni dan para warga bisa ikut menjaga kelestarian situs kawah cibuni dan tidak merasa terganggu dan siap untuk kerja sama di bidang menjaga lingkungan , karena memang ada situs situs yag harus di jaga oleh kita bersama demi melindungi budaya bangsa.

Terus tim bertanya tentang situs apa saja
yang ada di kawah ci buni ini ? Abah Aep selaku tokoh masyarakat dan sekaligus juru kunci situs kawah cibuni menjelaskan “Memang di sini ada beberapa situs di antaranya,
Situs Sumur salapan (9)situs Batu Rahim Ibu,,Situs Banyu Sakti, Situs Curug Perak ,dan masih banyak yang lainnya.
nanti kalau ingin lebih jelas menurut adanya situs kawah cibuni abah aep siap untuk memaparkan situs kawah cibuni karena abah aep salah satu juru kunci yang ke enam dari juru kunci yang pertama .adanya situs kawah cibuni sambil menutup bincang-bincangnya di kala ada waktu yang senggang abah aep bisa memaparkan sejelasnya dan sebenarnya.

Kabiro kabupaten Bandung melaporkan
E Taryana JT / Eman